Wednesday 31 October 2007

Jalan-jalan di "Tiongkok"





Liburan Idul Fitri kemarin saya menyempat untuk jalan-jalan ke negeri "Tiongkok". Saya mengambil paket wisata yang paling hemat. Hanya bermodalkan bensin yang tidak sampai satu liter, saya pun sampai ke negeri "Tiongkok". Objek wisata yang pertama saya kunjungi adalah "kuil" Kwan Sing Bio yang berada di tepi pantai. Lho kok Kwan Sing Bio? Ya pastilah, wong libaurannya ke Tuban. Hehehehehe.
Kwan Sing Bio konon merupakan kelenteng terbesar di Asia Tenggara. Kelenteng yang merupakan tempat ibadah tri dharma, yaitu Budha, Konghucu dan Tao. Tiga keyakinan yang bersatu dalam melaksanakan ibadah. Ketenaran Kwan Sing Bio telah banyak diulas dalam berbagai media. Sebuah buku yang menulis tentang perkembangan etnik Tionghoa di Indonesia dengan sengaja mengulas Kwan Sing Bio dalam salah satu bab-nya. Ketenaran Kwan Sing Bio juga dapat dilihat dari banyaknya pengunjung pada masa-masa liburan atau perayaan hari besar etnik Tionghoa.
Bangunan Kwan Sing Bio terus berkembang hingga saat ini, walaupun pada masa orde baru sempat terhambat. Kompleks kelenteng saat ini semakin luas dan cantik dengan bangunan-bangunan baru khas negeri Tiongkok. Saya sekeluarga sempat mejeng di beberapa bagian kelenteng ini. Sungguh liburan yang mengasyikkan.