Saturday 5 January 2008

Teknologi...

Aku heran, kenapa masih banyak orang yang belum menggunakan sebuah anugerah Tuhan melalui hamba-hamba cerdasnya berupa teknologi. Apakah karena teknologinya yang terlalu pesat melaju sehingga orang-orang tidak mampu menjangkaunya. Kalau bicara masalah Indonesia, akses teknologi yang menjadi sumber segalanya. Teknologi di Indonesia mahal banget kan? Daya beli masyarakat yang belum mendukung, katanya!
...
Yang jelas teknologi merupakan sumber perubahan!

Lho, mau ngomong apa sih ini...

Sebenarnya postingan ini cuma mau menceritakan kisah hidupku. Selama ini aku selalu jadi agen transfer teknologi bagi teman-temanku. Mulai ngajari imel-imelan, chating, ngeblog, nginstall, ngapdet anti virus dan sebagainya. Walau dengan kemampuan pas-pasan (yah bisa dilihat dari tampilan blognya) ternyata aku mendapat kepercayaan dari teman-teman untuk ngurusin berbagai masalah di bidang teknologi terutama yang berhubungan dengan komputer.
Aku masih ingat seorang teman yang harus mengirim artikel ke sebuah harian daerah dengan menggunakan fax. Namun setelah aku diklat tentang imel, dia tersenyum lega. Saat ini dia sedang aku diklat ngeblog.

Selain jadi sumber pemecahan masalah komputer (tentu saja yang ringan-ringan), aku juga sering menjadi informan. Berbagai informasi terbaru dan penting dari DIKTI selalu aku dapatkan terlebih dulu, via website tentunya. Lho di kantor kan sudah ada koneksi internet, tapi kenapa ya kemauan untuk berselancar di dunia maya ini begitu terbatasnya.

Yang menherankan, aku juga menjadi informan gaji. Selama ini gajiku dan teman-teman kantor yang lagi tugas belajar ditransfer lewat BTN. Karena terbatasnya jumlah ATM BTN dan takutnya biaya via ATM BERSAMA, kami kesulitan untuk mengetahui apakah gaji sudah masuk ke rekening atau belum. Lho kan ada SMS Banking? Ya itu masalahnya. Cuman aku yang ikutan SMS Banking. Jadinya ketika musim gajian tiba, aku harus sebar-luaskan informasi ini ke semua teman-teman. Sebuah tindakan mulia bukan? Yup, saat ini M600i-ku telah terhubung dengan SMS Banking BTN dan BNI. kalau saja bisa ambil uang via SMS Banking...

Aku merasa perlu untuk menghapus kata gaptek bagi mahasiswaku. Terlebih ketika aku mendapatkan tugas mengampu mata kuliah bagi mahasiswa baru. Aku punya beban untuk mengakrabkan mereka dengan teknologi. Tugas kuliah selalu aku minta untuk dikumpulkan via imel. Paling tidak ketika mereka lulus dari mata kuliahku, mereka sudah mempunyai akun imel dan bisa menggunakannya. Aku ajari mereka untuk mencari informasi di internet menggunakan mesin pencari. Lho, itu kan sudah basbang? Ya, kalau itu di UB, IPB, UI dan UGM. Tapi kampusku adalah kampus bayi yang terletak di kota kecil.
Tahun 2006, kemarin aku mencoba merancang CD pembelajaran. Yah, otodidak dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver plus PowerPoint. Suerrrr! Sederhana banget! Yah, namanya juga coba-coba!

Yang jelas aku akan terus belajar dan berbagi...
Ada yang mau ngajari aku?
Oh, ya. Terimakasih buat seorang teman yang mengenalkan aku dengan dunia blog. Walau dia sendiri sudah lama gak ngeblog. Yang jelas dia baru saja buka warung!